Kebijakan Hutan Bambu
Pedoman Pembangunan Model Usaha Bambu
Lampiran V Keputusan Direktur Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial, No: SK.50/V-UPR/2004, Tanggal 14 April 2004
Download file: l5_50_04
INBAR dan DEPHUT Kerjasama Pengembangan Bambu
Siaran Pers Nomor: S.286/II/PIK-1/2007
Sumber: http://www.dephut.go.id/ 14 Juni 2007
International Network for Bamboo and
Rattan (INBAR) dan pemerintah Indonesia yang diwakili Departemen
Kehutanan sepakat melakukan kerjasama pengembangan bambu. Kesepakatan
yang dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) tersebut
ditandatangani pada hari Rabu, 13 Juni 2007 di Jakarta, merupakan
dokumen perjanjian kerjasama antara INBAR dengan Direktorat Jenderal
Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial (RLPS) Departemen Kehutanan
mengenai rencana kerjasama pengembangan bambu di Indonesia selama 5
tahun.
MoU ini merupakan payung kerjasama dan
akan ditindaklanjuti dengan penyusunan Detailed Project Proposal.
Proposal tersebut akan disusun oleh INBAR bersama-sama dengan Direktorat
Jenderal RLPS dan selanjutnya akan disampaikan kepada lembaga donor
untuk mendapatkan bantuan pendanaan.
Tahap awal kegiatan akan difokuskan pada
pembangunan model rumah bambu tahan gempa di kabupaten Bantul, DIY
dengan biaya relatif murah, berkisar antara US$ 600 sampai dengan US$
800 per unit rumah. Berikutnya, tahap kegiatan akan mencakup bidang yang
lebih luas antara lain peningkatan kemampuan kelembagaan, penelitian
terapan dan pengembangan sumberdaya bambu, pertukaran tenaga ahli, alih
teknologi, dan training bidang budidaya, manajemen, dan pemrosesan
bambu.
Latar belakang perlunya dikembangkan
sumberdaya bambu adalah bahwa bambu merupakan salah satu komoditas yang
memiliki prospek cukup menjanjikan bila dikembangkan dalam skala luas di
sektor kehutanan.
Manfaat bambu secara ekonomis dan
ekologis, antara lain, bila dibandingkan dengan komoditas kayu, tanaman
bambu mampu memberikan peningkatan pendapatan masyarakat di sekitar
hutan dalam waktu relatif cepat, yaitu 4-5 tahun. Manfaat ekonomis
lainnya adalah pemasaran produk bambu baik berupa bahan baku sebagai
pengganti kayu maupun produk jadi antara lain berupa sumpit (chop
stick), barang kerajinan (furniture), bahan lantai (flooring), bahan
langit-langit (ceiling) masih sangat terbuka untuk memenuhi kebutuhan
domestik maupun ekspor. Dari sisi ekologis, tanaman bambu memiliki
kemampuan menjaga keseimbangan lingkungan karena sistem perakarannya
dapat mencegah erosi dan mengatur tata air serta dapat tumbuh pada lahan
marginal.
International Network for Bamboo and
Rattan (INBAR) adalah organisasi internasional yang bergerak di bidang
pengembangan komoditas bambu dan rotan yang didirikan tahun 1997.
Penggagas berdirinya organisasi tersebut adalah Indonesia bersama
negara-negara produsen bambu dan rotan lainnya antara lain RRC, India,
Canada, Philipina, Bangladesh, Myanmar, Nepal, Peru, dan Tanzania.
PUSAT INFORMASI KEHUTANAN
Jakarta, 12 Juni 2007
Kepala Pusat,
ttd.
DR. Ir. Achmad Fauzi Masud, MSc.
NIP. 080030366
Grand Strategy Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu Nasional
Oleh: Ir. Suharisno, MM /Tenaga Ahli pada Ditjen RLPS.
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komunitas kehutanan selama ini masih
dininabobokan hasil hutan kayu baik dari hutan alam maupun dari hutan
tanaman, padahal disisi lain masih terdapat potensi kawasan hutan yang
bernilai ekonomis yang perlu digali dan dioptimalkan pengelolaan
pemanfaatan maupun pemungutannya, seperti aneka usaha kehutanan dari
hasil hutan bukan kayu yang hampir tidak terjamah, meskipun potensinya
sangat besar.
Sumberdaya hutan (SDH) mempunyai potensi
multi fungsi yang dapat memberikan manfaat ekonomi, lingkungan dan
sosial bagi kesejahteraan umat manusia. Manfaat tersebut bukan hanya
berasal dari Hasil Hutan Kayu (HHK) seperti yang terjadi saat ini,
melainkan juga manfaat Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), karbon dan
ekowisata.
Sejalan dengan itu, ke depan pembangunan
kehutanan diharapkan tidak lagi hanya berorientasi pada hasil hutan
kayu, tetapi sudah selayaknya menggali potensi Hasil Hutan Bukan Kayu
(HHBK), sehingga perlu kebijakan dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan
HHBK sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku (Pengelolaan
pemanfaatan HHBK) tercantum pada UU. No. 41 tahun 1999, yaitu pasal 26
(pemungutan HHBK pada Hutan Lindung), pasal 28 (pemanfataan HHBK pada
hutan produksi). Demikian juga halnya pada PP no 6 tahun 2007, upaya
optimalisasi HHBK juga terdapat pada pasal 28 (Pemungutan HHBK pada
Hutan Lindung), pasal 43 (Pemanfaatan HHBK dalam hutan tanaman pada
hutan produksi).
Rencana Kehutanan Tingkat Nasional (RKTN)
disusun sebagai pelaksanaan mandat UU No. 41 Tahun 1999 tentang
Kehutanan dan PP No. 44 Tahun 2004 tentang Perencanaan Kehutanan. RKTN
disusun berdasarkan hasil inventarisasi hutan nasional, merupakan
rencana jangka panjang 20 tahun yang meliputi seluruh fungsi pokok hutan
(konservasi, lindung dan produksi). RKTN meliputi seluruh aspek
pengurusan hutan (perencanaan kehutanan, pengelolaan hutan,
Litbangdiklatluh, dan pengawasan). RKTN sebagai rencana sektor kehutanan
akan menjadi acuan bagi penyusunan rencana-rencana yang cakupannya
lebih rendah baik berdasarkan skala geografis, jangka waktu rencana
maupun program-program pembangunan kehutanan.
RKTN diharapkan dapat memberikan arah
pengurusan hutan ke depan untuk dapat mengembalikan potensi multi fungsi
dari hutan dan kawasan hutan serta pemanfaatannya secara lestari bagi
kesejahteraan rakyat Indonesia serta mampu memberikan kontribusi nyata
bagi kepentingan pemeliharaan lingkungan global, yang didasarkan pada
kerangka pikir sebagai berikut:
Sistem perencanaan HHBK menjadi salah
satu kebijakan yang bersifat pengarus-utamaan (main streaming) pada
sistem perencanaan hutan, yang memberikan arahan pemanfaatan,
rehabilitasi dan konservasi, penelitian dan pengembangan, kelembagaan,
organisasi dan sumberdaya manusia, serta pemberdayaan masyarakat.
B. Maksud dan Tujuan
Penyusunan Grand Strategy ini adalah
untuk memberikan arah, kebijakan serta gambaran pengembangan HHBK kepada
pelaku usaha, para pihak dan masyarakat yang akan mengembangkan usaha
HHBK. Sedangkan tujuannya adalah :
1. Menggali potensi daerah dalam
pengembangan HHBK sebagai alternatif sumber pangan, sumber bahan
obat-obatan, penghasil serat, penghasil getah-getahan dan lainnya yang
dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
2. Mendukung kebijakan nasional dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi HHBK.
3. Adanya acuan mulai dari perencanaan
sampai pasca panen bagi pelaku usaha, para pihak dan masyarakat luas
dalam pengembangan HHBK;
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup penyusunan Grand Strategy ini meliputi: Arah Kebijakan dan Strategi Pengembangan HHBK 2009 – 2014.
II. ARAH KEBIJAKAN PENGEMBANGAN HHBK
A. Prospek Pengembangan
1. Kondisi Saat Ini
Nilai tambah terbesar HHBK adalah pada
perdagangan internasional (ekspor), dan ini berlaku untuk semua
komoditas, di semua Negara produsen. Terdaftar 10 properti pasar
internasional untuk komoditi HHBK yang sekarang ini menunjukkan kinerja
ekspor yang potensial. Dari 10 properti tersebut, 6 properti dapat
dijadikan arahan untuk pengembangan ekspor HHBK ke pasar internasional,
dan 4 properti lainnya merupakan keterbatasan yang harus diperhatikan
ketika akan dilakukan pengembangan ekspor.
Di Indonesia melalui Peraturan Menteri
Kehutanan nomor P.35/Menhut-II/ 2007 telah ditetapkan 558 komoditas HHBK
baik nabati maupun hewani yang menjadi urusan kehutanan. Sampai saat
ini telah terkumpul informasi sebaran Komoditas Unggulan HHBK Per
Provinsi (Tabel 1).
2. Kondisi yang diharapkan.
Diharapkan dengan pengembangan HHBK pada
wilayah sentra produksi baik yang berasal dari kawasan hutan maupun luar
kawasan hutan melalui serangkaian kebijakan pengembangan HHBK :
a. Mengurangi ketergantungan pada hasil hutan kayu.
b. Peningkatan pendapatan masyarakat sekitar hutan dari HHBK serta menimbulkan kesadaran dalam pemeliharaan kawasan hutan.
c. Meningkatkan devisa sektor kehutanan non kayu.
d. Terciptanya lapangan kerja baru di sektor kehutanan yang berasal dari komoditi HHBK.
3. Peluang Intervensi.
Peluang Indonesia untuk memanfaatkan
pasar internasional cukup terbuka. Keterbukaan tersebut terutama
didorong oleh : pertumbuhan ekspor HHBK dunia yang bagus, yakni sekitar
15% per tahun, sebaran negara pengimpor HHBK yang cukup lebar,
preferensi konsumen yang menilai tinggi pada produk yang terkait dengan
proses alami di hutan terutama hutan tropis, dan biaya produksi yang
murah di negara-negara produsen produk primer.
Ketika properti pasar internasional, baik
yang bersifat membuka pengembangan, maupun yang bersifat keterbatasan,
akan ditanggapi lebih tertata, maka masing-masing dapat dihadapkan pada
langkah utama atau fokus intervensi. Langkah utama atau fokus intervensi
tersebut berupa salah satu atau kombinasi dari yang berikut ini :
a. Strategi pelayanan nilai-nilai pada pasar global
b. Strategi pelayanan pada pasar dan ekonomi nasional
c. Strategi pelayanan pada pasar dan ekonomi lokal
d. Kebijakan nasional
e. Peningkatan peran pemerintah daerah
f. Peningkatan Potensi dan ragam
g. Peningkatan Kapasitas pengelolaan usaha/produksi
h.Optimasi pelayanan pasar untuk komoditas tertentu
i. Peningkatan pengelolaan Informasi dan pembelajaran
j. Pengembangan teknologi
k. Peningkatan kepemimpinan
l. Peningkatan akses finansial
b. Strategi pelayanan pada pasar dan ekonomi nasional
c. Strategi pelayanan pada pasar dan ekonomi lokal
d. Kebijakan nasional
e. Peningkatan peran pemerintah daerah
f. Peningkatan Potensi dan ragam
g. Peningkatan Kapasitas pengelolaan usaha/produksi
h.Optimasi pelayanan pasar untuk komoditas tertentu
i. Peningkatan pengelolaan Informasi dan pembelajaran
j. Pengembangan teknologi
k. Peningkatan kepemimpinan
l. Peningkatan akses finansial
Di sisi sistem produksi HHBK,
masing-masing produk HHBK dihadapkan pada karakter potensi sumberdaya,
kinerja ekonomi (yang pernah tercatat), karakter morfologis yang
berpotensi mendorong pengembangan, berpotensi sebagai hambatan,
berpotensi membuka peluang pengembangan, bersifat terbatas, serta
ancaman terhadap sumberdaya maupun usaha komoditas HHBK yang
bersangkutan. Tabel 4 menyajikan secara lebih terinci mengenai profil
singkat HHBK di Indonesia. Setiap sistem usaha komoditas HHBK mempunyai
ciri morfologis tersendiri yang perlu diperhatikan pada saat akan
dirumuskan strategi pengembangan yang spesifik. Ada beberapa komoditas
yang sudah dapat diusahakan pada skala menengah (rotan, pinus, kayu
putih, arwana, walet) tetapi komoditas lainnya masih sangat kental
dengan bentuk skala usaha rumah tangga, kelompok, dan skala usaha kecil.
Pada masing-masing komoditas kemudian
diidentifikasi kunci intervensi pengembangannya, mulai dari kunci
pemasaran, kebijakan, kapasitas usaha, sampai dengan kepemimpinan dan
akses finansial. Dapat dicermati pada tabel tersebut bahwa pengembangan
usaha HHBK di semua komoditas selalu memerlukan dua hal penting sebagai
kunci intervensi, yakni:
a. informasi dan peningkatan kapasitas melalui pengelolaan informasi dan pembelajaran yang terus menerus,
b. kepemimpinan, yang dapat diartikan
sebagai ketokohan untuk melakukan berbagai terobosan dalam memanfaatkan
peluang pasar, memaksimumkan potensi dan menemukan strategi yang tepat
untuk menanggapi berbagai situasi yang menghambat. Kepemimpinan ini
diperlukan dengan berbagai kualitas di tingkat kebijakan/
kepemerintahan, pemerintah daerah, lembaga bisnis di tingkat unit usaha,
dan pada aktor pendamping masyarakat (LSM).
Keterbatasan-keterbatasan perilaku
industri hilir yang masih dikuasai Negara pengimpor, struktur pasar
internasional cenderung oligopsonik, kentalnya peran pengepul (agen) di
negara produsen, serta belum mantapnya standarisasi produk HHBK primer,
untuk sementara ini pengembangan hanya dapat dilakukan pada produk bahan
mentah dan industri primer saja.
B. Kerangka Pemikiran Grand Strategy HHBK
HHBK dapat berasal dari kawasan hutan dan
luar kawasan hutan/lahan milik atau hutan rakyat. HHBK yang berasal
dari kawasan hutan menurut UU No. 41 tahun 1999, dan PP No. 6 tahun 2007
dan perubahannya dibedakan menjadi: (a) HHBK yang berasal dari hutan
lindung dan dikenal dengan nama pemungutan, (b) HHBK berasal dari hutan
produksi baik hutan alam maupun hutan tanaman dikenal dengan istilah
pemanfaatan. Pemungutan HHBK yang berasal dari hutan lindung antara lain
berupa: rotan, madu, getah, buah, jamur, sarang burung walet dan
penangkaran satwa liar. Sedangkan hasil HHBK dari hutan produksi antara
lain:
1. Rotan, sagu, nipah, yang meliputi kegiatan penanaman, pemanenan, dan pemasaran hasil.
2. Getah, kulit kayu, daun, buah atau
biji, gaharu yang meliputi kegiatan pemanenan, pengayaan, pemeliharaan,
pengamanan, dan pemasaran hasil.
Langkah-langkah dalam Pengelolaan Pemanfaatan :
1. Inventarisasi dan pemetaan potensi HHBK didalam dan diluar kawasan hutan, Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperoleh:
- Sebaran potensi per komoditas per Provinsi
- Sebaran potensi per komoditas per Kabupaten
2. Penentuan/seleksi jenis komoditas HHBK
prioritas yang akan dikembangkan pada suatu wilayah. Untuk menentukan
prioritas pengembangan HHBK pada suatu wilayah, ditetapkan kriteria,
antara lain:
- Prospek pasar (lokal, regional, dan Internasional)
- Kesiapan infrastruktur menuju sentra HHBK
- Dukungan pengusaha dan Pemda setempat
3. Penyusunan/Perumusan Kebijakan yang
mendukung pengelolaan HHBK. Kebijakan ini diharapkan dapat menjadi dasar
bagi pelaku usaha dan masyarakat yang akan melaksanakan pengembangan
HHBK. Langkah ini bersifat lintas sektor, antara lain:
- Alokasi lahan produksi (alam dan tanaman) untuk pengembangan HHBK
- Insentif bagi pengusaha dibidang HHBK (Pelaku Usaha)
- Insentif bagi masyarakat yang akan mengembangkan HHBK.
Kerangka pemikiran pengelolaan pemanfaatan HHBK dapat dilihat pada Gambar.2.
C. Program Pengembangan HHBK
1. Pengelompokan HHBK berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan nomor P.35/Menhut-II/2007 adalah:
a. Kelompok Resin.
b. Kelompok Minyak Atsiri.
c. Kelompok Minyak Lemak, Pati, dan Buah-buahan.
d. Kelompok Tannin, Bahan Pewarna dan Getah.
e. Kelompok Tumbuhan Obat dan Tanaman Hias.
f. Kelompok Palma dan Bambu.
g. Kelompok Alkaloid.
h. Kelompok Lainnya.
i. Kelompok Hasil Hewan.
b. Kelompok Minyak Atsiri.
c. Kelompok Minyak Lemak, Pati, dan Buah-buahan.
d. Kelompok Tannin, Bahan Pewarna dan Getah.
e. Kelompok Tumbuhan Obat dan Tanaman Hias.
f. Kelompok Palma dan Bambu.
g. Kelompok Alkaloid.
h. Kelompok Lainnya.
i. Kelompok Hasil Hewan.
2. Road Map HHBK sektor kehutanan (2010 s/d 2025) maka program pengembangan HHBK sektor kehutanan terdiri atas :
Tier 1 (level 1) : HHBK yang termasuk
dalam kelompok advance (komoditas HHBK ekonomis yang telah dikuasai
teknik budidaya dan teknologi pengolahan).
Tier 2 (level 2) : HHBK yang termasuk
dalam kelompok intermediate (komoditas HHBK ekonomis yang belum
sepenuhnya dikuasai teknik budidaya dan teknologi pengolahan).
Tier 3 (level 3) : HHBK yang termasuk
dalam kelompok preliminary (komoditas HHBK ekonomis yang belum dikuasai
teknik budidaya dan teknologi pengolahannya).
(Sumber : Road Map Sektor Kehutanan, Badan Litbang Kehutanan, 2008)
Setiap lima tahun dilakukan evaluasi terhadap perkembangan status dan produktifitas HHBK pada setiap level.
3. Faktor Pendukung Pengembangan HHBK
a. Pemantapan kawasan
- Peningkatan kelengkapan, keakuratan dan keterkinian hasil inventarisasi HHBK di dalam setiap kegiatan inventarisasi hutan; Pelaksanaan inventarisasi HHBK di tiap level; Metode dan pelaksanaan inventarisasi HHBK; Jenis parameter inventarisasi hutan dimasing-masing level.
- Percepatan proses pengukuhan; Penyelesaian konflik kawasan; Identifikasi kawasan hutan yang potensial untuk non kehutanan: Proses penyesuaian tata ruang; Rekonstruksi (tinjau ulang) dan realisasi tata batas.
- Percepatan proses pembentukan unit-unit KPH pada seluruh kawasan hutan (konservasi, lindung dan produksi) dengan mengarus-utamakan kelas perusahaan HHBK.
- Implementasi dari perencanaan pengembangan HHBK sebagai bagian dari sistem perancanaan kehutanan menuju terwujudnya rencana kehutanan yang hirarkis dan terintegrasi mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota dan unit pengelolaan, yang meliputi jangka waktu panjang dan pendek pada seluruh kawasan hutan (konservasi, lindung dan produksi).
- Mempertimbangkan Indonesia merupakan kepulauan (terdiri dari lebih kurang 17.000 pulau yang sebagian besar merupakan pulau-pulau kecil), dengan kawasan hutan yang juga tersebar di sebagian besar pulau-pulau tersebut, maka arah pengembangan HHBK harus mempertimbangkan ekosistem, termasuk ekogeografis yang spesifik.
- Terselenggaranya secara optimum peran kawasan hutan di dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dan diterimanya imbalan yang seimbang dari peran tersebut. Pengembangan HHBK ditempatkan sebagai salah satu elemen pendukung percepatan pembentukan KPH untuk diposisikan sebagai register area dalam mekanisme perdagangan karbon.
- Identifikasi lokasi-lokasi yang potensial memasuki skema pasar karbon dan membangun model implementasi skema perdagangan karbon dengan lebih menitik-beratkan pemanenan HHBK serta lebih banyak menunda pemanenan kayu untuk memperbesar cadangan karbon.
- Penyelenggaraan penelitian kemampuan/kapasitas penyerapan dan penyimpanan karbon (CO2) oleh tegakan hutan dan pengembangan sistem perhitungannya, ketika tegakan lebih diarahkan untuk produksi HHBK.
- Penyempurnaan pedoman dan percepatan tata hutan baik untuk hutan konservasi, lindung dan produksi sebagai dasar arahan bentuk
pemanfaatan hutan dalam sistem KPH yang meliputi kayu dan bukan kayu; Penyusunan rencana pengelolaan hutan pada setiap unit KPH. - Peningkatan kegiatan inventarisasi sumberdaya hutan sehingga dapat dikuasainya data/informasi potensi hutan sebagai dasar pemanfaatan kayu dan bukan kayu yang lestari.
- Intensifikasi pemanfaatan lahan hutan; peningkatan produktifitas melalui perbaikan teknik silvikultur yang disesuaikan dengan tipologi hutan setempat; Joint production (dalam satu tapak hutan dapat dimanfaatkan dengan berbagai tujuan misalnya hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu dan sekaligus jasa lingkungan air, dsb).
- Pemanfaatan hutan guna produksi hasil hutan bukan kayu diselenggarakan oleh usaha skala kecil untuk menciptakan dunia usaha kehutanan yang tahan (lentur) menghadapi perubahan lingkungan strategis yang sangat dinamis.
- Peningkatan pemberdayaan masyarakat di dalam pemanfaatan hutan, antara lain melalui peningkatan kapasitas dan akses masyarakat terhadap sumber daya hutan termasuk di dalamnya HHBK, dengan memanfaatkan secara maksimal instrumen pemberdayaan (pola kemitraan, HKm dan Hutan Desa) serta pelibatan dalam usaha kehutanan skala kecil antara lain melalui HTR, dll.
- Meningkatkan pertimbangan pengembangan HHBK pada percepatan pembangunan hutan tanaman (HTI dan HTR), pembangunan hutan rakyat, GERHAN, dan gerakan menanam lainnya sehingga lebih dapat terjamin adanya laju rehabilitasi yang lebih besar dari laju degradasi
- Percepatan rehabilitasi pada DAS prioritas dengan memaksimumkan kelas perusahaan HHBK untuk meningkatkan daya dukung ruang hidup.
- Kegiatan rehabilitasi dipersiapkan kemungkinannya untuk memasuki skema voluntary carbon market, yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.
- Penguatan peraturan perundangan dan kelembagaan untuk meningkatkan efektifitas upaya pencegahan dan pemberantasan gangguan terhadap hutan dan kawasan hutan melalui berbagai insentif yang melekat pada pengembangan HHBK.
- Penyadaran dan penguatan kelembagaan masyarakat untuk ikut berperan dalam kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan melalui berbagai insentif pemanfaatan HHBK.
- Penegakan hukum (low enforcement) yang adil dan transparan.
- Pemanfaatan HHBK tidak dapat dilepaskan dari upaya peningkatan upaya konservasi keanekaragaman hayati melalui konservasi ekosistem in-situ dan konservasi ex-situ.
- Penguatan pengelolaan kawasan konservasi ekosistem, jenis dan genetik melalui kolaborasi pengelolaan, profesionalisme sumber daya manusia, penerapan good forest governance serta pengembangan sistem insentif konservasi yang kondusif.
- Memperluas pelaku dan jumlah jenis pemanfaatan HHBK di kawasan konservasi.
- Pemanfaatan hasil Litbang dan teknologi dalam pemanfaatan HHBK untuk meningkatkan efisiensi serta nilai tambah pemanfaatan hutan.
- Membangun kegiatan penelitian yang lebih integratif; melibatkan berbagai disiplin ilmu dan berorientasi kepada kebutuhan pengguna (user-oriented); menghasilkan produk HHBK dan teknologi pengembangannya yang inovatif, bernilai tambah tinggi, berorientasi pasar, ramah lingkungan dan berdaya saing tinggi.
- Kelembagaan pengurusan HHBK dibangun kembali dengan sumberdaya manusia yang berorientasi pada kompetensi program dan kerja, dengan dukungan organisasi dan tata hubungan kerja serta sumber dana, SDM yang berkualitas dalam jumlah dan penyebaran yang memadai.
- Penguatan SDM melalui pengembangan Sistem Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan berbasis kompetensi usaha HHBK; pengembangan standardisasi kompetensi, peningkatan jumlah dan distribusi SDM profesional kehutanan; serta pembinaan SDM kehutanan untuk pengembangan HHBK.
- Penyuluhan kehutanan dilakukan secara terintegrasi (pusat dan daerah); Peningkatan penyuluhan terpadu, bimbingan teknis dan pendampingan masyarakat dalam kegiatan pengelolaan hutan; Bisnis dan pemasaran HHBK, Penyesuaian program penguatan kelembagaan penyuluhan kehutanan guna melayani kebutuhan pengembangan HHBK; termasuk perluasan sasaran penyuluhan kehutanan.
- Pengawasan yang menjamin terselenggaranya pengurusan hutan sesuai dengan mandat UU, sebagai umpan balik yang menjadi bahan penyempurnaan kebijakan pengurusan hutan dari waktu ke waktu; Optimalisasi peran pengawasan kinerja pembangunan kehutanan oleh unsur masyarakat.
- Pengembangan kebijakan/regulasi tentang HHBK yang dapat memfasilitasi terselenggaranya kebijakan yang lebih bersifat insentif daripada disinsentif serta penerapan pemerintahan yang baik (good governance).
A. Unggulan Prioritas HHBK
Untuk memacu perkembangan HHBK perlu
ditetapkan unggulan nasional. Penetapan unggulan nasional diperlukan
agar sumberdaya yang terbatas dapat dimanfaatkan secara optimal.
Unggulan nasional dipilih berdasarkan beberapa kriteria sebagai berikut :
- Ekonomi
- Bio fisik dan lingkungan
- Kelembagaan
- Sosial
- Teknologi.
- Bio fisik dan lingkungan
- Kelembagaan
- Sosial
- Teknologi.
Berdasarkan hasil kajian telah ditetapkan
5 komoditas HHBK unggulan nasional, yaitu: Bambu, Sutera Alam, Lebah
Madu, Gaharu dan Rotan. Selain 5 komoditas HHBK unggulan nasional,
daerah dapat mengembangkan komoditas HHBK yang diunggulkan berdasarkan
potensi HHBK dan kemampuan daerah.
B. Stakeholder Utama
Agar dapat dicapai hasil-hasil yang
maksimal, perlu dipetakan peran pelaku utama kedalam lini-lini kegiatan
dan hubungan keterkaitan antar lini dalam pengembangan HHBK. Pelaku
utama dikelompokkan dalam lini-lini kegiatan sebagai berikut :
1. Lini: Fasilitasi, Regulasi
2. Lini: Litbang
3. Lini: Produksi
4. Lini: Industri
5. Lini: Promosi/Pemasaran
6. Lini : Penyuluhan dan Pengembangan SDM
7. Lini : Inkubasi dan BDS
2. Lini: Litbang
3. Lini: Produksi
4. Lini: Industri
5. Lini: Promosi/Pemasaran
6. Lini : Penyuluhan dan Pengembangan SDM
7. Lini : Inkubasi dan BDS
Hubungan antar lini diatur berdasarkan
penetapan kelompok institusi, kegiatan operasional dan keluaran yang
harus dihasilkan dari tiap-tiap lini yang tersaji dalam tabel 5.
C. Pendekatan Klaster HHBK.
Klaster adalah kelompok yang terdiri atas
jejaring pengusaha yang secara bersama-sama memajukan kesejahteraan di
tingkat wilayah melalui penguasaan dan pengendalian rantai suplai dan
rantai nilai. Klaster menjadi perangkat deskriptif pengembangan ekonomi
wilayah yang mengandung makna yang lebih kaya untuk mendorong perubahan
di dalam dinamika di wilayah yang bersangkutan. Klaster
merepresentasikan rantai suplai dari suatu spektrum aliran produk dan
jasa yang saling berkaitan yang didukung oleh penyediaan infrastruktur
fisik dan infrastruktur ekonomi. Klaster meyediakan nilai tambah tenaga
kerja, baik tenaga kerja rendah maupun tenaga kerja yang berkenaan
dengan nilai tambah tinggi.
Untuk pengembangan HHBK, pendekatan
klaster sekaligus menjawab tantangan peran kehutanan dalam
penanggulangan kemiskinan. Klaster memuat saling keterkaitan antara
kekuatan internal yang ada di dalam wilayah yang bersangkutan dengan
kekuatan eksternal yang berasal dari situasi pasar, kebijakan nasional,
dan kondisi makro ekonomi. Ini berarti bahwa pendekatan klaster selalu
berusaha membawa kekuatan internal, termasuk tokoh-tokoh lokal,
kelembagaan lokal, dan kebijakan pemerintah daerah ke dalam percaturan
bisnis dan ekonomi yang lebih global.
Klasterisasi pengembangan HHBK
berimplikasi pada penataan konfigurasi industri pada spektrum barang dan
jasa yang melayani pengembangan HHBK pada tingkatan industri dan jasa
berikut ini:
1. Resource-based industry, yang dimulai
dari usaha produktif pengumpulan atau budidaya bahan asalan HHBK dan
pengolahan hulu HHBK serta industri bahan penolong.
2. Low-technology industry, yang meliputi
fasilitas pemrosesan produk HHBK untuk dijual kepada konsumen melalui
teknologi konvensional non-automatic.
3. Medium-technology industry, yakni
usaha pengolahan HHBK melalui proses-proses automatic maupun kimia
sebelum disajikan kepada konsumen.
4. Jasa perdagangan perantara.
5. Jasa perdagangan lokal.
6. Jasa perdagangan antar pulau.
7. Jasa perdagangan internasional.
Hampir semua aktivitas pada setiap
tingkatan industri HHBK dapat dilayani oleh unit-unit usaha
mikro-kecil-menengah. Namun demikian, ukuran atau skala industri tidak
berarti dapat meninggalkan keharusan pendekatan klaster, yakni kemampuan
bersaing secara global melalui proses pembelajaran dan inovasi yang
terus menerus. Pembelajaran diartikan sebagai usaha untuk memperoleh
pengetahuan baru dari semua sumber yang mungkin (internal maupun
eksternal), dan melakukan aktualisasi penambahan pengetahuan tersebut ke
dalam kompetensi dan standar yang lebih tinggi. Inovasi, di sisi yang
lain, dimengerti sebagai pengembangan produk dan layanan konsumen yang
lebih baru dan atau yang lebih unggul daripada yang sebelumnya.
Interkoneksi bisnis di dalam klaster dapat diilustrasikan seperti pada Gambar 3 berikut.Manfaat Pengembangan HHBK Berbasis Klaster :
- Untuk mengkonsentrasikan inovasi produksi, managemen dan pemasaran.
- Untuk mengintegrasikan proses produksi dan rantai suplai dalam peningkatan daya saing.
- Untuk mempertemukan mitra usaha dalam mekanisme transaksi yang menjamin keberlanjutan bisnis.
- Untuk memonitor efektivitas keterkaitan usaha di dalam kesatuan rantai nilai.
- Untuk membangun gugus kerja berkualitas.
- Untuk membangun pemasaran yang efektif dalam rangka peningkatan daya saing sisi permintaan..
- Untuk mengefisienkan pelayanan finansial.
- Untuk mencegah praktek kecurangan usaha.
D. Pengembangan Klaster HHBK Unggulan
Model pelaksanaan pembangunan klaster
setidaknya mencakup tiga tahapan besar, yakni tahapan inisiasi, tahapan
peningkatan produksi, dan tahapan peningkatan daya saing melalui
kualitas dan inovasi. Menjadi jelas kiranya bahwa pembangunan klaster
HHBK tidaklah sekedar memperbanyak produksi pada suatu wilayah, tetapi
lebih dari itu menyangkut pengembangan keterkaitan bisnis di dalam
jejaring yang teratur, disertai dengan peningkatan kualitas dan
pengembangan inovasi produk dan jasa serta manajemen bisnis (Gambar 4).
Pola pembinaan yang dikembangkan dapat
mengembangakan pola klaster maupun mengkombinasikan dengan lainnya
sehingga pengambil kebijakan Pusat dengan para pihak di daerah (Pemda,
UPT, Bank maupun lembaga keuangan non bank di buat skim pendanaan) dapat
bersinergi.
E. Unit Pengembangan HHBK
Agar diperoleh hasil yang optimal pengembangan HHBK harus dilaksanakan dengan basis unit pengelolaan yang baik agar dapat mewujudkan hal tersebut maka unit-unit pengembangan digolongkan sebagai berikut :
1. Unit Bentangan Lahan.
- Satuannya berupa bentangan lahan yang digunakan sebagai tempat budidaya.
- Dari bentangan lahan tersebut dapat diperoleh produk dengan volume mencapai skala ekonomis.
Untuk jenis tanaman tertentu dapat ditanam diberbagai tempat, misalnya pada lahan-lahan pribadi, kakija, kakisu, spot-spot lahan kosong. Kumpulan dari berbagai tapak tadi dihimpun jadi satu unit sehingga dapat mencapai skala ekonomi.
3. Unit Satuan Berbentuk Kelompok
- Yang menjadi inti pengembangan adalah individu petani yang membudi dayakan HHBK.
- Kumpulan individu yang dipersatuakn menjadi satu kesatuan manajemen yang mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang mencapai skala ekonomis.
F. Pola Kemitraan dan Kerjasama antar Stakeholder dalam pengembangan HHBK.
1. Akan dibangun sinergi dari pelaku utama pengembangan HHBK agar diperoleh unit/pengembangan dengan daya saing yang tinggi.
2. Pola-pola kemitraan, dan kerjasama difokuskan pola sinergi antara
- Kelompok tani
- Investor
- Industriawan
- BUMN
- Sumber IPTEK unggulan
- Fasilitator
Pemerintah sebagai pemicu (trigger) dalam pengembangan HHBK dapat berperan antara lain dalam hal:
1. Membangun Pilot Project pengembangan
HHBK dengan Pola BOT (Built, Operate, Transfer) dalam hal ini pemerintah
membangun unit HHBK secara langsung mulai dari produksi bahan baku
sampai unit-unit industri pengolahannya. Selain itu menyiapkan SDM,
Sarana Prasarana kemudian secara bertahap diserahkan ke Kelompok Tani
untuk dikelola lebih lanjut.
2. Menyiapkan Sarana Prasarana produksi
untuk diberikan kepada kelompok-kelompok yang akan membentuk unit HHBK,
sarana produksi dapat berupa: benih unggul (materi genetik unggul),
Mesin pemroses, pupuk dll.
- Penyiapan Pedoman
- Pelatihan Teknis
- Pelatihan Manajerial
- Study banding
- Pertemuan-pertemuan, Seminar, Diskusi
- Pemasaran
Mempromosikan program-program yang berkaitan dengan pengembangan HHBK benih melalui:
- Aktivitas Penyuluhan
- Penyebarluasan Informasi
- Penguatan jejaring kerja
Monitoring dan Evaluasi akan dilaksanakan dengan tertib agar secara terus, menerus dapat diperoleh pembelajaran dan sekaligus penyempurnaan yang diperlukan.
I. Regulasi.
Secara prinsip regulasi diarahkan pada upaya peningkatan produktivitas dan daya saing sehingga regulasi yang menghambat secara bertahap akan dideregulasi.
J. Program Aksi 2009 s/d 2014
Makasih sharing infonya pak Dian, bagus banget. Saya dari dulu pengeen bebaskan 5 ha tanah lalu tanamin bambu sekelilingnya. ketika sdh jadi hutan bambu, area tengahnya jadi pusat kreatifitas dan seni bambu, dimana tempat seluruh dunia belajar tentang bambu. Dan itu ada di Bajawa, Ngada NTT. Hm, semoga Tuhan dan semesta menerima dan mewujudkan energi positif ini!
BalasHapus